Rabu, 07 Maret 2012

Etika Penggunaan Handphone

Handphone atau biasa disingkat Hp, merupakan salah satu teknologi yang digunakan untuk berkomunikasi. Ditambah lagi dengan berkembangnya teknologi yang begitu pesat, merk, tipe dan fitur hp bermunculan. Banyak sekali pengguna dari telepon selular ini, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Mulai dari kalangan penjual sayur hingga pejabat pun pasti memiliki barang yang satu ini. Tidak heran kalau hp bukanlah menjadi barang mewah lagi, melainkan sudah menjadi barang pokok yang harus dimiliki oleh setiap masyarakat. Di manapun dan kapanpun kita pergi, pasti barang yang mesti wajib kudu dan harus dibawa yaitu hp.

Pada umumnya masyarakat menggunakan handphone hanya untuk gaya semata seperti bergonta-ganti hp, mengoleksi banyak handphone, bahkan membeli langsung jika ada produk hp keluaran terbaru. Sebenarnya semua itu tidak jadi masalah. Yang membuat masalah justru masyrakat yang menggunakan hp dengan seenaknya atau sembarangan. Dengan kata lain kurangnya etika masyarakat dalam penggunaan hp. Seringkali dalam penggunaan handphone tersebut, masyarakat tidak melihat keadaan atau kondisi di sekelilingnya, misalnya saja menerima telepon pada saat mendengarkan khotbah sholat jumat, atau ber-sms-an pada saat orang lain mengajak ngobrol kita. Itu semua termasuk contoh bahwa kita sudah melupakan atau bahkan kehilangan yang namanya ETIKA.


Berikut ini beberapa etika dalam penggunaan handphone :
  • Hindari menggunakan handphone di tempat-tempat seperti ruang kelas, ruang rapat, tempat ibadah, gedung bioskop dan tempat-tempat lainnya yang bisa menganggu orang lain. Di tempat-tempat tersebut, hindari pula mengaktifkan ringtone yang terlalu keras, aktifkan saja mode senyap (silent) pada handphone Anda, atau bila perlu non-aktifkan handphone Anda.
  • Kalau terpaksa harus menerima telepon atau harus menjawab SMS dengan segera, mintalah ijin dengan sopan kepada orang yang sedang Anda ajak bicara, dan menjauhlah.
  • Hindari penggunaan handphone pada saat berkendara, karena penggunaan hp dapat mengganggu konsentrasi dan menjadi faktor penyebab kecelakaan lalu lintas.
  • Penggunaan hp di pesawat terbang juga dilarang untuk menghindari gangguan perangkat navigasi pesawat.
  • Percakapan melalui hp hendaknya dilakukan sesingkat (jangan bertele-tele) mungkin untuk menghindari pemborosan uang/pulsa jika tidak ada keperluan mendesak, dan guna tidak mengganggu lawan bicara dengan pembicaraan yang panjang.
  • Menjaga perasaan penerima telepon dan tidak membuatnya tersinggung.
  • Hindari berbicara dengan nada yang keras.
  • Kemampuan kirim-terima pesan singkat (SMS) memang merupakan salah satu fitur yang digemari pada ponsel. Dalam menulis pesan singkat (SMS) sebaiknya harus bisa menjaga sopan santun. Haruslah memperhatikan tatakrama dan aturan dalam ber-SMS.
  • Sedangkan dalam hal penggunaan fitur camera pada hp, jangan mengambil gambar atau memotret orang lain dengan hp tanpa izin, karena hal tersebut tidak sopan dan bisa membuat orang tersebut malu.
Itulah beberapa point mengenai Etika dalam Penggunaan Handphone. Semoga bermanfaat :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar